SYALOM...SLAMAT DATANG DI BLOGNYA BIRO PEMUDA GEREJA PENTAKOSTA. SEMOGA BLOG INI MENJADI BERKAT BAGI PENGUNJUNG SEKALIAN. TUHAN MEMBERKATI, HALELUYA.........

Minggu, 26 Mei 2013

Berharga di Mata Allah

Oleh: Joel Nababan, S.Th

     Apa yang ada di benak kita ketika mendengarkan kalimat  "BERHARGA DI MATA ALLAH"? Mungkin sebahagian kita merasa pesimis dengan berkata masa sih aku berharga di mata Allah? Aku kan orang seperti ini. Sebahagian kita mungkin dengan nada optimis sambil berkata  jelas dong aku berharga di mata Allah sebab aku punya segalanya. Benarkah demikian?
        Satu pertanyaan yang perlu direnungkan oleh setiap insan sambil bertanya dan bertanya  kepada dirinya  Mengapa Aku Berharga? Pertanyaan ini mungkin mengundang segudang jawaban skeptis  di dalam pikiran kita. Mungkin aku berharga  karena: aku memiliki  postur tubuh yang bagus, aku ganteng, aku cantik, aku memiliki kekayaan, aku orang berprestasi dalam berbagai bidang , aku memiliki pendidikan yang tinggi, , aku pintar, aku keturunan ningrat, aku kan orang terpandang, suku saya kan lebih hebat, kulit saya kan lebih putih sementara dia hitam pekat. Benarkah demikian? Hanya oleh karena aku memiliki segudang kwalitas di atas aku berharga?
      Umumnya demikianlah konsep orang, sehingga  tidak heran kalau kita menghargai seseorang  sangat dipengaruhi hal-hal tersebut. Kalau demikian apa yang membuat kita berharga? Dalam tulisan ini akan dipaparkan dua pilar utama yang membuat manusia berharga di mata Allah.

1. Aku Berharga Sebab Aku segambar dengan Allah

       Kalau kita menilik kembali  dalam kitab Kejadian  khususnya, jelaslah di paparkan disana bahwa manusia segambar dan serupa dengan  Allah. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita" (Kejadian 1:26). Kenyataan ini membuktikan  bahwa manusia  diciptakan juga dalam keserupaan dengan Allah. Esensi  manusia tercakup di dalam hal bahwa manusia adalah gambar dan rupa Allah. Dengan demikian manusia berbeda dengan semua makhluk  ciptaan yang lain dan menjadi  yang tertinggi sebagai mahkota ciptaan  Allah atas seluruh ciptaan.Segambar dan serupa dengan Allah suatu kualitas yang menjadikan manusia  istimewa dihadapan Allah. Jelas pula disini  segambar dan serupa dengan Allah merobohkan spekulasi, pembodohan Charles Darwin lewat teori" Evolusi Biologis", yang menganggap  manusia itu sebagai binatang menyusui yang cerdas yang pertumbuhannya  berlangsung  menurut  proses evolusi, dari tingkat yang terendah ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Jelas sekali bahwa teori ini  menurunkan derajat manusia  serendah-rendahnya. Sampai kapanpun binatang akan tetap binatang. Jadi kita bukanlah gambar binatang  apalagi keturunan binatang. Tetapi kita adalah gambar Allah yang diberikan kepada kita itu sebabnya kita berharga.
Segambar dan serupa dengan Allah berarti: Manusia memiliki sifat moral, Manusia memiliki sifat rohani, Manusia memiliki sifat kekekalan.


2. Aku Berharga karena Aku Sudah Ditebus

         Fakta yang tidak dapat dipungkiri bahwa manusia telah jatuh ke dalam dosa. Kejatuhan manusia ke dalam dosa membuat gambar dan rupa Allah mengalami kerusakan. Yohanes Calvin mengatakan "kerusakan itu bersifat total (Total Depraviti), artinya seluruh aspek kehidupan manusia; pekiran, perasaan,  dan tandakannya sudah tercemar oleh dosa". dosa membuat manusia hidup terpisah dengan Allah. Keterpisahan itu membuat hidupnya sia-sia ( 1 Petrus 1:18. Pertanyaannya apakah kerusakan itu dipulihkan? Dapat, lewat pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Pengorbanan Kristus mengubah aku menjadi serupa dengan gambarNya 2 Korintus 3:18. Yesus memulihkan gambar dan rupa Allah yang sudah rusak, dan diperbaharui di dalam Kristus artinya dibawa kembali pada keadaan semula. Itu artinya nilai-nilai asli kembali ada di dalam aku. Sehingga karya penebusan Klristus membuat aku berharga kembali.
                                   BERAPA SIH HARGA ANDA

       Pertanyaan selanjutnya berapa harga Anda? sseharga berliankah? emas, perak, seharga deposito yang Anda miliki? atau seharga seisi dunia? (Matius 16:26), seharga burung pipit di langit? ( Matius 6:26), seharga babi-babi yang dibinasakan Tuhan Yesuskah? (Matius 8:31) Tidak. Hargaku semahal darah Kristus  sebab Ia telah menebus saya dengan darahNya  yang mahal, yang tak bernoda dan tak berjela (1 Petrus 1:19) Itu berarti  hargaku tidak dapat diukur dengan barang-barang fana yang ada di dunia ini. Sebab aku lebih berharga dari itu semua. Itu sebabnya saya tidak akan pernah melepaskan Kristus karena nilai hidupku, hargaku hanya ada di dalam Dia. Dan ketika saya melepaskan, meninggalkan Dia,  berarti aku tidak mempunyai nilai apa-apa. 

        MAKNA BERHARGA DI MATA ALLAH BAGI ANDA

         Oleh sebab Anda beharga di mata Allah, keberhargaan itu sungguh memiliki makna di dalam diri Anda. Keberadaan Anda yang bagaimanapun harus dapat Anda terima sebagaimana adanya. Kecatatan secara fisik, postur tubuh yang tidak memadai, ketidak fasihan Anda berbicara, pikiran yang lamban, tidak menjadi alasan bagiku untuk tidak menerima diriku sendiri dan rasa rendah diri (saya memang begini, saya tidak dapat berubah,saya tidak punya pengharapan, saya tidak dapat menolong diri sendiri) yang ada di dalam Anda.
         Tidak ada lagi alasan memelihara, menumbuh kembangkan sikap tidak menerima diri sendiri dan merasa rendah diri. Sikap seperti ini harus Anda ubah menjadi sikap yang dapat menerima diri Anda sendiri dan tidak memiliki rasa rendah diri lagi. Anda harus merubah paradikma tentang hidup Anda yang membuat diri Anda terkungkung, terpenjara. Sehingga Anda dapat menikmati makna berharga di mata Allah, karena memang Anda "Berharga di Mata Allah".
         Istilah BERHARGA DI MATA ALLAH bukanlah hadiah dari manusia yang satu ke manusia yang lain, dari turunan ke turunan, atau bukanlah Gratifikation (hadiah kerja) kita dari Tuhan. Namun ini merupakan pemberian cuma-cuma yang diberikan oleh Sang Khalik kepada manusia. Itu sebabnya  keberhargaan kita di mata Allah tidak dapat dibandingkan, digantikan denga apapun. karena Anda lebih berharga dari barang-barang fana yang ada di dunia ini.
Tuhan Memberkati...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELESAI MEMBACA ARTIKELNYA JANGAN LUPA MENINGGALKAN KOMENTARNYA YA…. TUHAN MEMBERKATI, HALELUYA.........
zwani.com myspace graphic comments

Apakah Anda bangga sebagai pemuda Gereja Pentakosta?

.

.
.

.

.
.

Video