SYALOM...SLAMAT DATANG DI BLOGNYA BIRO PEMUDA GEREJA PENTAKOSTA. SEMOGA BLOG INI MENJADI BERKAT BAGI PENGUNJUNG SEKALIAN. TUHAN MEMBERKATI, HALELUYA.........

Senin, 29 Juli 2013

Satu Tahun Berkarya (Refleksi)

           Hari ini Senin, tanggal 29 Juli 2013 genap sudah kepengurusan Biro Pemuda Gereja Pentakosta untuk periode 2012-2016. Satu tahun dalam menjalankan Tugas dan pelayanannya khusunya di Gereja Pentakosta, tentunya bukanlah hal yang gampang. banyak aral melintang yang menyertainya. Laksana kapal yang sedang berlayar ditengah-tengah gelombang laut yang menghempaskannya. laksana badai yang menghantam batu karang namun tetap kokoh. 
Perjalanan Biro Pemuda Gereja Pentakosta satu tahun yang sudah dilalui belumlah terlalu banyak diperbuat di banding dengan karya Tuhan di setiap langkah perjalanan hidup setiap pengurus Biro Pemuda Gereja Pentakosta. Sekedar melihat kebelakang kembali berikut kegiatan-kegiatan Biro Pemuda Gereja Pentakosta dalam kurun waktu satu tahun:
1.  Ibadah Kaum Muda SUMTIM 2
  Minggu 26 Agustus 2012 telah berlangsung ibadah Kaum Muda se-Sumatera Timur 2. Ibadah yang dilaksanakan sekali dalam tiga bulan itu, dilaksanakan di Gereja Pentakosta Mandala, yang dihadiri oleh bapak Pdt. L. Simanjuntak selaku Pimpinan daerah Sumatera Timur 2, Pdt. R.  Pakpahan, S.Pak, S.Th (Gembala Sidang Gereja Pentakosta Perumnas Mandala), Pdt. H. Siburian (Pendeta Resot Medan), Ibu St. S.  Pardosi, ibu Pbs. Sihite (Mewakili hamba Tuhan dari Gereja Pentakosta Mandala). Ibadah ini juga turut dihadiri Ketua Biro Pemuda Gereja Pentakosta (Pdm. Joel Nababan, S.Th) dan Sekretaris Biro Pemuda Gereja Pentakosta (Pdm. Hagin Samuel Simorangkir, S.Th). Ibadah Sumatera Timur 2 ini dihari kurang lebih 80 jiwa muda-mudi dari  8 sidang Gereja Pentakosta yang ada dilingkungan Sumatera Timur 2 Antara Lain: 1. Kaum Muda Gereja Pentakosta Mandala, 2. Kaum Muda Gereja Pentakosta Perumnas mandala, 3. Kaum Muda Gereja Pentakosta Lubuk Pakam, 4. Kaum Muda Gereja Pentakosta Pagar Jati, 5. Kaum Muda Gereja Pentakosta Selambo Toba, 6. Kaum Muda Gereja Pentakosta Janji Matogu, 7. Kaum Muda Gereja Pentakosta Pasir Putih dan, 8. Kaum Muda Gereja Pentakosta Sampali.
        Ibadah Kaum Muda Sumatera Timur dua kali ini mengambil Tema " menjadi terang Dunia (Matius 5:14-16)". Dalam penjelasannya Pdm Joel Nababan, S.Th selaku pengkhotbah, mengungkapkan, bahwa sebagai terang dunia ada bebrapa hal yang harus diperhatikan: 1. Memiliki kesadaran bahwa kita adalah terang dunia. 2.  terang harus ditempatkan pada tempatnya. 3. Terang diwujudnyatakan dalam perbuatan-perbuatan baik.
FOTO MOMENTUM






2. Kunjungan Kerja BPH ke SUMTIM 1

  Sabtu 20 Oktober 2012, Ketua Biro Pemuda (Pdm, Joel Nababan, S.Th dan Koordinator Bidang Pembinaan dan Organisasi (Andi Simangunsong, S.Pd) berangkat dari Perumnas Mandala-Medan menuju kota Pematang Siantar. Perjalanan Medan-Siantar ditempuh kurang lebih 3 1/2 jam perjalanan. Sesampainya di Pematang Siantar kami disambut Sekretaris Biro Pemuda (Pdm.Hagin Simorangkir, S.Th.) yang sudah duluan tiba di Sekretariat Gereja Pentakosta (Mess Gereja Pentakosta), jalan Lingga No 36 Pematang Siantar.  Pagi harinya Minggu 21 Oktober 2012, kami baru bertemu dengan bapak pendeta Daerah Sumatera Timur(SUMTIM) 1 (Pdt. M. Hutabarat, SH. S.Th) dan Ketua Pucuk Pimpinan Gereja Pentakosta (Pdt. EV. Diane Evapora Siburian, S.Th).  Setelah bersantap pagi kami pun siap-siap untuk berangkat ke Pematang Terang-Serdang Bedagai. Tepat Pukul 08. lewat rombongan Pendeta Daerah SUMTIM 1 pun  berangkat. Perjalanan Pematang Siantar-Pematang Terang ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan kami pun berbincang-bincang seputar pelayanan di Gereja Pentakosta,  sambil dibumbui dengan canda dan tawa, guna menghilangkan rasa kepenatan dan kebosanan.
             Sesampainya di Gereja Pentakosta Pematang Terang, rombongan Pendeta daerah SUMTIM 1 disambut dengan penuh kehangatan dari jemaat setempat maupun jemaat-jemaat Gereja Petakosta yang ada di daerah SUMTIM 1, yang segaja datang untuk mengikuti ibadah Biro Wanita dan Kaum muda Se-Sumatera Timur 1. Sekedar gambaran, daerah SUMTIM 1 terdiri dari 12 Sidang dan dipimpin oleh bapak Pdt. M. Hutabarat, SH. S.Th.
Kegiatan sepanjang hari ini dibagi dalam tiga bagian:
1. Ibadah
2. Rapat daerah
3. Biro Pemuda
             Dalam ibadah, Ketua Pucuk pimpinan Gereja Pentakosta (Pdt. EV. Diane Evapora Siburian,S.Th) mempercayakan pelayanan Firman Tuhan kepada Pdm. Hagin Simorangkir, S.Th (Sekretaris Biro Pemuda). Selesai ibadah, seluruh jemaat dan para hamba-hamba Tuhan, ramah tamah sambil bersantap siang. waaaw enak-enak karena menunya namarmiak-miak alias B2. Nah selanjutnya kita masuk dalam kegiatan selanjutnya yakni Rapat Daerah SUMTIM  1 yang dipimpin langsung oleh Pdt, M, Hutabarat selaku Pimpinan Daerah SUMTIM 1.
          Sobat muda tiba nih acara buat Biro Pemuda. Sesudah Ketua Biro Pemuda Gereja Pentakosta (Pdm. Joel Nababan, S.Th) memperkenalkan BHP Biro Pemuda, selanjutnya Ketua Biro Pemuda  memaparkan apa-apa yang sudah dikerjakan dan yang akan dilakukan oleh Biro Pemuda kedepan.  Antara lain:
1. Pembuatan jejaring Sosial, sebagai media untuk menjalin komunikasi khususnya bagi anak-anak  
  muda Gereja Pentakosta dimana pun berada semisal facebook (bpgerejapentakosta), blog/Websita
   (biropemudagerejapentakosta.weebly.com).
2. Kunjungan Kerja (KUNKER) yang pertama SUMTIM 2 dan yang ke 2 SUMTIM 1
        Selanjutnya, dijelaskan dalam waktu dekat Biro Pemuda Gereja Pentakosta akan mengadakan perayaan Natal perdana Biro Pemuda Gereja Pentakosta Se-Indonesia. Yang selanjutnya diuraikan oleh Ketua Panitia Natal Biro Pemuda 2012 (Pdm. Hagin Simorangkir, S.Th), mulai dari pelaksanaan Natal tersebut sampai kepada usaha-usaha dana yang akan dijalankan baik dalam bentuk proposal maupun Undangan/struk Panitia Natal. Puji Tuhan Jemaat se SUMTIM 1 sangat  responsip atas rencana Natal tersebut lewat partisipasi mereka dalam pengambilan struk Panitia, yang mereka kembalikan dengan lewat persembahan kasih mereka, ada yang 20.000, 50.000, bahkan sampai ratusan ribu rupiah, sehingga Panitia, Biro Pemuda bisa pulang dengan tersenyum, he heee. Terimakasih buat para hamba-hamba Tuhan, para Jemaat dan juga kepada bapak Pdt. M. Hutabarat selaku Pimpinan Daerah SUMTIM 1.
    Di sesi terakhir dari rangkaian KUNKER Biro  Pemuda Gereja Pentakosta ke SUMTIM 1, diadakanlah pembentukan/pemilihan  pengurus Kaum Muda se-Sumatera Timur 1 yakni: Ketua: Awi Simbolon, Sekretaris 1: Roni Haposan Simbolon, Sekretaris 2: Astrid Henija Samosir, Bendahara 1: Lasmaria Simare-mare, Bendahara 2:Jenni Nainggolan.
        Demikianlah rangkaian kunjungan kerja Biro Pemuda Gereja Pentakosta  ke daerah SUMTIM 1.
Nantikan kami dalam KUNKER selanjutnya. Kira-kira kemana ya ?????
majulah Gereja Pentakosta, majulah kaum Muda Gereja Pentakosta. Tuhan Memberkati haleluya..


FOTO MOMENTUM










  PerjalanaN dimulai dari Gereja Pentakosta tepatnya tanggal 17 Nopember 2012 menuju terminal Amplas. Enam orang pemuda-pemudi dari gereja Pentakosta berangkat menuju kota Pematang Siantar menggunakan bus INTRA Patas. Agus Sinaga dan Charolina Manalu duduk bersama, Naomi Siburian dan saya duduk bersama, Josua Simanjuntak dan Psalmen Siburian duduk bersama di dalam bus tersebut. Kami bercanda bersama sepanjang perjalanan sehingga jarak yang jauh tidak terasa oleh mereka.
Mereka tiba di kota Siantar tepatnya di depan Ramayana tepat pukul 18.00 WIB. Dilanjutkan ke jl. Lingga tepatnya di rumah ketua pucuk pimpinan Gereja Pentakosta. Kemudian kami bertemu dengan para pemuda dari Gereja Pentakosta daerah Pakam-Deli Serdang. Suasana keakraban langsung tercipta ketika para pemuda bertemu dalam kehangatan suasana dinner yang nyaman. Kemudian kamipun melanjutkan ibadah doa yang dipimpin langsung oleh ibu ketua pucuk pimpinan Gereja Pentakosta. Dalam ibadah doa, beberapa pelayan Tuhan dari gereja Pentakosta jl. Mangga Pematang Siantar dan Wakil Ketua Panitia Natal Biro Pemuda Gereja Pentakosta se-Indonesia memimpin doa syafaat yang kemudian ditutup oleh ketua pucuk pimpinan Gereja Pentakosta.



foto momentum



                                         
                                             Suasana Ibadah di Gereja Pentakosta Jalan Mangga
                                          Minggu, tanggal 18 November 2012. Firman Tuhan di
                                          percayakan Ketua Pucuk Pimpinan Gereja Pentakosta
                                          (Pdt. Ev. Diane Evapora Siburian, S.Th) selaku gembala
                                          Sidang Gereja Pentakosta jl. Mangga. Turut hadir dalam
                                          rombongan Biro Pemuda dari Medan, Pakam maupun dari
                                          Tarutung..





                                          Suasana Rapat Panitia Natal perdana Biro Pemuda
                                          Gereja Pentakosta Se-Indonesia. Rapat di pandu oleh
                                          Pdm. Joel Nababan, S.Th, Wandi Simangunsong S,Pd,
                                          Feronika Simanjuntak, S.com, Juli Nainggolan, S.Pdk







 4. Natal Perdana Biro Pemuda Gereja Se-Indonesia
Sabtu, 1 Desember 2012 Biro Pemuda Gereja Pentakosta mengadakan ibadah perayaan Natal Se-Indonesia untuk yang pertamakalinya.  Perayaan Natal ini dipusatkan di Greja Pentakosta jalan Mangga Pematang Siantar, yang dihadiri kurang lebih 500 jiwa. Dalam ibadah tersebut hadir juga: Ketua Pucuk Pimpinan Gereja Pentakosta (Pdt. Ev. Diane Evapora Siburian, S.Th), SEKJEN Pucuk Pimpinan Gereja Pentakosta (Pdt. Ev. K. Siburian, S.Th), para Pimpinan Daerah, Gembala Sidang, Unsur Pemerintah, serta perwakilan Gereja tetangga.



Foto Momentum














5. Kunjungan Kerja Daerah Sipahutar-Pangaribuan

           Kunjungan kerja Biro Pemuda  Gereja Pentakosta  ke Daerah Sipahutar dan sekitarnya, yang diadakan pada tanggal 24 Februari 2013. Rombongan Biro Pemuda Gereja Pentakosta yang tiba Sabtu malam di Tarutug, langsung diterima oleh Pdt. R. Panjaitan selaku Pimpinan Daerah Sipahutar-Pangaribuan. Hari Minggunya, tanggal 24 Februari 2013 Pimpinan Daerah membagi tugas dalam pelayanan, Ketua Biro Pemuda melayani sekaligus mmbawa Firman Tuhan di Gereja Pentakosta Tarutung, sementara Sekretaris Biro Pemuda melayani sekaligus membawakan Firman Tuhan di Sipahutar Kota yang digembalakan oleh Pdt. Ebenezer Simanjuntak, S.Th.
          Pertemuan antara Biro Pemuda dengan kaum muda Gereja Pentakosta se Sipahutar-Pangaribuan baru diadakan setelah selesai kebaktian di Gereja Masing-masing dan di pusatkan di Sipahutar Kota. Pertemuan ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat lagi kaum muda Gereja Pentakokosta se Sipahutar-Pangaribuan ataupun sebaliknya, mengenal lebih dekat dengan Pengurus Biro Pemuda Gereja Pentakosta. Selain itu, kunjungan kerja ini dimaksud untuk memaparkan program kerja Biro Pemuda Gereja Pentakosta. Apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan kedepan. Turut pula hadir dalam pertemuan ini Pendeta Daerah Sipahutar Pangaribuan (Pdt. R. Panjaitan) di dampingi oleh hamba-hamba Tuhan Lainnya.

FOTO MOMENTUM

     1. Suasana Ibadah di Gereja Pentakosta Tarutung












   2. Pertemuan Biro Pemuda dengan Kaum Muda Se Sipahutar-Pangaribuan
























6. Pembuatan Media Sosial Antara lain;
    1. Facebook (bpgerejapentakosta)
    2. Blog (bpgerejapentakosta.blogspot.com

              Kedepan kita semua berharap Biro Pemuda semakin dipakai oleh Tuhan di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di Gereja Pentakosta. Doa dan dukungan dari semua Kaum Muda Gereja Pentakosta Se-Indonesia dan juga dungan hamba Tuhan dan seluruh Jemaat Gereja Pentakosta di manapun berada sangat dan sangat kami harapkan. Majulah Pemuda, majulah Gereja Pentakosta. Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semuanya haleluya.........



By; Pdm. Joel Nababan, S.Th (Ketua Biro Pemuda Gereja Pentakosta)


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELESAI MEMBACA ARTIKELNYA JANGAN LUPA MENINGGALKAN KOMENTARNYA YA…. TUHAN MEMBERKATI, HALELUYA.........
zwani.com myspace graphic comments

Apakah Anda bangga sebagai pemuda Gereja Pentakosta?

.

.
.

.

.
.

Video